Tuesday 5 December 2017

Wikky's 00' Honda S2000: Beast That Locked Up In A Cage


Jika kalian membaca judul di atas dengan baik; tentu akan menimbulkan pertanyaan. Paling tidak menimbulkan rasa keingintahuan - mengapa S2000 yang sejatinya merupakan mobil yang dibangun untuk memuaskan adrenalin para speedgoers, terlebih dengan segala aksesoris berbau kecepatan yang menempel - memilih untuk "dikurung" didalam garasi sang pemilik




Wikky, sang pemilik, menuturkan bahwa S2000 ini merupakan mainan kesayangannya disamping Mitsubishi Evolution 6 dan Suzuki Jimny miliknya. Oleh sebab itu, mobil ini mendapatkan perlakuan yang cukup spesial. Ia mengakui, mobil ini tidak akan pernah keluar saat langit mulai mendung, ataupun permukaan jalan basah sehabis hujan, "sayang mas, mobilnya nggak pernah kehujanan sama sekali" tuturnya.



Di dalam garasinya pun, ia membungkus S2000-nya ini dengan balon khusus. Meski begitu, bukan berarti ia mengurungnya secara terus menerus. Di beberapa kesempatan (dan cuaca cerah) ia masih menggunakan mobilnya ini untuk sekedar jalan-jalan atau menghadiri car meet up di kota Bandung dan sesekali melakukan morning jogging bersama teman-teman dari komunitas JDM.RUN Bandung






Beranjak ke sektor modifikasi, hal pertama yang dilakukan sang pemilik adalah mengganti 
seluruh bemper bawaan menjadi keluaran J's Racing yang terdiri dari front bumper, side skirt, rear bumper. Khusus untuk bemper depan, sudah dilengkapi dengan canards dan air scoop untuk melegakan udara kedalam ruang mesin. Sektor kaki-kaki juga tidak luput diubah, ia mengganti sepatunya dengan Volk Rays TE37 plus ban Yokohama Advan Neova berkode AD08, tidak lupa juga Coilover Tein Super Street sebagai penggenapnya. Untuk sektor penghenti laju, iya menyematkan rem keluaran Project Miu 330mm 4 pot (depan) - dan brakepad dari label yang sama untuk bagian belakang 

Bagian lain yang ikut diganti adalah kaca spion menjadi rakitan Craft Square dengan imbuhan karbon, dan juga GT-Wing keluaran J's Racing berikut kap mesinnya. 

Jika para pembaca memperhatikan dengan baik, maka akan menemukan bahwa S2000 ini tidak lagi beratap kanvas seperti model bawaannya. Ya, agar memiliki ciri khas yang unik, sang pemilik mengganti atap kanvasnya menjadi model hard top keluaran salah satu perusahaan carbon fiber terkenal, Seibon Carbon berikut duck tailnya. Diklaim olehnya ini hanyalah satu-satunya S2000 yang memakai varian atap keras di Indonesia. 

Wikky juga mengimbuhkan stiker "Imagine All People Living Life In Peace" seperti yang terdapat dalam mobil-mobil racikan LB-Performance namun dalam versi bahasa sunda, boleh juga!






Masuk ke bagian interior, ubahan yang dilakukan juga sama banyaknya dengan eksterior. Sebut saja penggantian jok standar menjadi jok bucket berlabel Bride Low Max Stradia II, dan juga steering wheel yang memakai keluaran J's Racing berikut dengan shift knobnya. selain itu dia juga menambahkan Defi Tachometer - oil press, water temp, oil temp. Hal lain yang cukup gokil disematkan adalah 6-point roll cage keluaran Cusco yang berspek plug n play alias tinggal tempel. Namun sayang, karena sudah beratap keras - yang otomatis mematikan fungsi buka tutup atap - sangkar guling ini jadi tidak terlalu ter-ekspos, tidak seperti waktu memakai atap kanvas. 




Sektor mesin - di tempat inilah, tersimpan tenaga yang tidak kalah buas dengan tampilan luarnya. Mesin berkode F20C yang sejatinya merupakan mesin N/A dengan output horsepower terbesar di zamannya, dirasa kurang cukup oleh sang pemilik. Untuk itu ia membenamkan sebongkah supercharger keluaran Vortech berkode V3 berikut dengan water-to-air intercoolernya, diiringi dengan penggantian radiator berlabel Koyorad. Dan sebagai penggenapan modifikasi di sektor mesin, ia juga mengganti knalpotnya memakai lansiran (lagi-lagi) J's Racing dari header - muffler. Sebenarnya masih banyak lagi bagian yang dapat dijabarkan pada sektor mesin ini - namun karena terlalu banyak, Wikky sampai lupa apa saja yang telah ia ubah di mesin berkapasitas 2000cc ini. LOL!


Sepertinya itu saja untuk S2000 berkode AP1 ini. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!



BONUS IMAGES (Feel free to save it for your wallpaper)












No comments:

Post a Comment